Jumat, 17 Juni 2011

PELAYANAN PUBLIK KOTA BEKASI BELUM MEMUASKAN

BEKASI (Pos Kota) – DPRD Bekasi menilai sejak diberlakukannya otonomi daerah, pelayanan publik belum dirasakan lebih baik oleh warganya. Padahal, konsep pemerintahan daerah berdaulat sudah memasuki 15 tahun.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bekasi, Ariyanto Hendrata mengungkapkan dalam pelayanan publik masih terkendala berbagai masalah, mulai dari sumber daya manusia di birokrasi hingga sarana masih jauh dari harapan masyarakat. “Kinerja pemerintahan Kota Bekasi masih belum maksimal, khususnya dalam segi
pelayanan publik. Contohnya dalam layanan publik paling sedarhana, seperti dalam membuat KTP dan mengurus perizinan, masih banyak dikeluhkan masyarakat,” ujar Ariyanto.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bekasi, Zaiman Makmur Affan juga mengatakan hal sama, bahwa layanan publik belum berjalan baik. Masyarakat masih harus dipaksa berhadapan dengan birokrasi berbelit serta rente, mengambil keuntungan pribadi pejabat.

“Yang jelas masyarakat selalu dibikin pusing dengan pelayanan berbelit dan sudah pasti lama. Tak hanya itu birokrasi kita masih rente, dengan adanya beberapa pungli di setiap titik pelayanan,” tutur Zaiman.

Selain itu Zaiman juga mengkritisi tentang standar operasional prosedur (SOP), khususnya dalam segi perizinan di Kota Bekasi, yang masih belum rapi dan kerap membingungkan serta sangat memperlambat. “SOP perizinan masih belum rapi, bikin bingung masyarakat. Selain itu masih sering terjadi tumpang tindih antara dinas teknis dan non teknis. Di sini juga rawan adanya pungli,” tegasnya.

Pemkot Bekasi juga dinilai lambat dalam memutasi pejabat guna mengisi kekosongan jabatan di beberapa SKPD.
Pihaknya mencurigai lambatnya mutasi diakibatkan adanya tarik menarik kepentingan politik. “Kami komisi A juga menyayangkan lambatnya pengisian kursi kosong di SKPD. Saya curiga jangan-jangan ada tarik menarik kepentingan politik kuat di dalam mutasi tersebut. Padahal jabatan itu harus segera diisi untuk memaksimalkan kinerja birokrasi,” lanjutnya.(Dieni/B)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/04/26/pelayan-publik-pemkot-bekasi-belum-memuaskan

Tidak ada komentar:

Forum Ukuwwah

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x